Selasa, 24 Agustus 2010

PEMAKAIAN OBAT KUMUR BERLEBIHAN BISA MENYEBABKAN BAU MULUT

           Salah satu alasan seseorang menggunakan obat kumur adalah ingin mencegah atau menghilangkan bau mulut disamping rasa segar yang diperoleh sehingga penggunaan obat kumur dijadikan ritual rutin setelah menyikat gigi, padahal penggunaan obat kumur yang terlalu sering dengan adanya kandungan antiseptik didalamnya bisa mematikan semua bakteri dalam mulut termasuk bakteri baik yang bertugas mematikan bakteri jahat sehingga mulut ditumbuhi jamur, dimana mulut terlihat putih, perih dan tentu saja menimbulkan bau mulut.
          Banyak pasien yang bertanya pada saya obat kumur apa yang terbaik, jawaban saya semua boleh digunakan dengan syarat:
1. Memperhatikan kandungan bahan aktif  didalamnya sesuai dengan kebutuhan kita, untuk macam-macam kandungan obat kumur baca di http://drgdondy.blogspot.com/2008/11/mengenal-obat-kumur-jenis-dan-efek.html
 2.Penggunaan obat kumur jangan terlalu sering, hanya pada keadaan tertentu, misalnya ada infeksi rongga mulut seperti sariawan atau infeksi setelah tindakan pencabutan gigi atau pada saat nafas kita terasa tidak segar. Selain itu obat kumur dapat menyebabkan pewarnaan padaa gigi
3. Tidak menggunakan hanya satu merk obat kumur tertentu, hal ini bisa menyebabkan resistensi atau kuman tidak mempan lagi terhadap kandungan obat kumur tersebut yang akhirnya bsa memicu timbulnya infeksi.
4. Tidak menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, hal ini karna alkohol bukan digunakan sebagai zat pembunuh kuman tetapi hanya sebagai bahan pembawa zat aktif. Alkohol bisa menyebabkan mulut dan tenggorokan kering, rasa panas dan perih serta memicu iritasi yang bisa menyebabkan sariawan oleh karena itu penggunaan obat kumur ini pada saat puasa tidak dianjurkan. Obat kumur yang beredar dipasaran dengan merk yang cukup terkenal bahkan ada yang mengandung kadar alkohol sampai 26 % sedangkan alkohol diatas 20 % dapat meningkatkan resiko kanker mulut, peradangan gusi, timbulnya bercak kemerahan dan pelepasan sel dinding mulut.
Tidak ada salahnya menggunakan obat kumur tradisional misalnya air daun sirih atau air garam.
Obat kumur paten yang mengandung bahan alami seperti cengkeh dan daun sirih sudah ada dipasaran.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menggunakan obat kumur dengan lebih bijaksana.

1 komentar: